Cari Blog Ini

Rabu, 21 Agustus 2019

Bab II TEKS PERSUAFIF



Bab 2

Iklan, Poster, dan Slogan


    1.Iklan
      a.Pengertian iklan

Iklan  adalah suatu pesan tentang barang/jasa (produk) yang dibuat oleh produser/pemrakasa yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat.
    
       b. Fungsi iklan


  • Menginformasikan suatu produk ke public.
  • Menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk.
  • Memotivasi konsumen untuk bertindak atau melakukan sesuatu.
  • Menstimulus pasar.
  • Mendukung komunitas bisnis.
  • Membangun dan memelihara hubungan yang abadi antara konsumen dan perusahaan. 
     
       2.Poster
          a. Pengertian poster


Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisigambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil. 
         
           b. Fungsi poster

  • memberikan informasi tambahan mengenai sesuatu kepada masyarakat luas. 
  •  agar yang membacanya tertarik melakukan sesuatu hal yang telah dikemas semenarik mungkin dan pembaca turut berpartisipasi di dalamnya

      3.Slogan
           a.Pengertian slogan

Slogan adalah motto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial, agama, dan lainnya, sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat. 
        
         b.Fungsi slogan
  •   mendidik masyarakat.
  •  pemacu semangat.
  •  motivasi.
  •  mempengaruhi seseorang untuk melakukan atau pun untuk tidak melakukan sesuatu.
  • propaganda politik.
        3.Agar lebih jelas, silahkan cermati             video  pembelajaran berikut ini:



      4.  Jawaban buku paket hal 32-33
          dibawah ini


   

5. Unsur unsur Pembentuk Iklan


     a. Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisiatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.

     b. Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.

     c. Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.

     d. Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.

     e. Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.

     f. Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba.


6. Contoh gambar posyandu







A. Posyandu
B. Pihak puskesmas/posyandu
C. Menimbang balita
D. Puskesmas / rumah sakit
E. Orang tua yang mempunyai anak/balita sebaiknya memperiksakan di posyandu


7. Membuat slogan , poster ,iklan

A. Queto

B.Danbo

C.Undangan ulang tahun


D.Undangan pernikahan

E. Meme

F. Pertunjukan

G. Iklan komersial



H. Sertifikat

I. Logo

J.Poster


8.Meringkas hal 41-50


9. Meringkas hal 52-55


10. Soal dan jawaban


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Uprak B.Indo &TIK   Perputaran Kehidupam Hari pertama sekolah Chairin di High School Greanty adalah hari yang sangat sedang ku tnggu. Be...