1. Pengertian Teks Puisi
Puisi yaitu teks atau karangan yang mengungkapkan
pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Puisi
mengungkapkan berbagai hal. Kerinduan, kegelisahan, atau pengagungan kepada
sang Khalik yang kamu ungkapkan dalam bahasa indah. Hanya saja kamu jarang
menyadarinya bahwa itu adalah puisi.
Jika hendak mengagungkan keindahan alam, kamu dapat menggunakan
pilihan kata yang khas. Kata-kata itu kamu pilih sehingga dapat mewakili dan
memancarkan keindahan alam yang kamu kagumi itu.
Perhatikan pula cuplikan teks berikut!
Berdiri aku di tepi pantai
Memandang lepas ke tengah laut
Ombak pulang memecah berderai
Ke ribaan pasir rindu berpaut.
Cuplikan tersebut diambil dari puisi "Laut" karya Amal Hamzah. Jika dibaca,
cuplikan puisi itu melukiskan keindahan laut dengan ombaknya yang memecah
pantai. Keindahan seperti itu dapat pula kamu rasakan apabila kamu berdiri di
tepi pantai. Kamu akan melihat ombak bergulung-gulung memecah tepi pantai,
bukan? Pasir-pasir di tepi pantai itu laksana merindukan deburan ombak. Pasir-
pasirnya tampak seperti berpegangan untuk kembali ke laut.
Perhatikan contoh lainnya!
Hanyut aku Tuhanku
Dalam lautan kasih-Mu
Tuhan, bawalah aku
Meninggi ke langit ruhani.
Larik-larik itu diambil dari puisi yang berjudul ”Tuhan” karya Bahrum
Rangkuti. Puisi tersebut merupakan ekspresi kerinduan dan kegelisahan
penyair untuk bertemu dengan sang Khalik. Kerinduan dan kegelisahannya
itu diungkapkan kata hanyut, kasih, meninggi, dan langit ruhani. Kata-kata itu
menunjukkan dalamnya cinta penyair kepada Tuhan.
2. Unsur-unsur Teks Puisi
A. Majas dan Irama
1) Majas (fgurative language) adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk
menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. Untuk
menimbulkan kesan-kesan tersebut, bahasa yang dipergunakan berupa
perbandingan, pertentangan, perulangan, dan perumpamaan.
2) Irama (musikalitas) adalah alunan bunyi yang teratur dan berulang-ulang.
Irama berfungsi untuk memberi jiwa pada kata-kata dalam sebuah puisi yang
pada akhirnya dapat membangkitkan emosi tertentu seperti sedih, kecewa,
marah, rindu, dan bahagia.
Perhatikan, misalnya, puisi ”Hujan Bulan Juni”.
a) Terdapat dua majas yang dominan dalam puisi itu.
(1) Majas personifkasi, adalah majas yang membandingkan benda.Dalam puisi itu yang dibandingkan adalah hujan. Hujan memiliki
sikap tabah, bijak, dan arif. Sifat-sifat itu biasanya dimiliki oleh
manusia.
(2) Majas paralelisme, adalah majas perulangan yang tersusun dalam
baris yang berbeda. Kata yang mengalami perulangan dalam puisi
itu adalah tak ada yang lebih. Kata-kata itu berulang pada setiap
baitnya.
b) Irama puisi itu harus diekspresikan dengan lembut sebagai perwujudan
dari rasa kagum dan simpati. Hal itu tampak pada kata-kata pujian yang
ditujukan pada ”Hujan Bulan Juni” yang bersikap tabah, bijak, dan arif.
B.Penggunaan Kata-kata Konotasi
Kata konotasi adalah kata yang bermakna tidak sebenarnya. Kata itu telah
mengalami penambahan-penambahan, baik itu berdasarkan pengalaman, kesan,
maupun imajinasi, dan perasaan penyair.
Gadis Peminta-Minta
Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil
Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka
Tengadah padaku, pada bulan merah jambu
Tapi kotaku jadi hilang, tanpa jiwa.
Ingin aku ikut, gadis kecil berkaleng kecil
Pulang ke bawah jembatan yang melulur sosok
Hidup dari kehidupan angan-angan yang gemerlapan
Gembira dari kemayang riang.
Duniamu yang lebih tinggi dari menara katedral
Melintas-lintas di atas air kotor, tapi yang begitu kau hapal
Jiwa begitu murni, terlalu murni
Untuk bisa membagi dukaku.
Kalau kau mati, gadis kecil berkaleng kecil
Buah di atas itu, tak ada yang punya
Dan kotaku, ah kotaku
Hidupnya tak lagi punya tanda
(Toto Sudarto Bachtiar)
Kata-kata gadis kecil berkaleng kecil dapat dimaknai seorang perempuan yang
masih anak-anak yang mengalami kesengsaraan. Kotaku jadi hilang, tanpa jiwa
bermakna keadaan di suatu tempat yang sudah kehilangan rasa kemanusiaannya,
warganya tidak lagi peduli pada kehidupan orang lain.
Dari penerjemahan makna lain di balik keseluruhan kata-katanya, kamu akan
sampai pada maksud sebenarnya dari puisi tersebut. Hanya saja pemaknaan itu
bisa saja berbeda-beda di antara orang yang satu dengan orang lainnya. Banyak
faktor yang menjadi penyebabnya.
1) Tingkat pemahaman terhadap setiap kata yang ada dalam puisi itu. Semakin
banyak kata yang mudah dipahami, mudah pula dalam memaknainya.
2) Tingkat pengenalan atau pergaulan seseorang dengan puisi. Seseorang yang
sering membaca atau bahkan menulis puisi, mudah pula bagi orang itu dalam
mengenali watak puisi termasuk isi yang dikandungnya.
3) Pengalaman pribadi. Seseorang yang pernah merasakan ganasnya kehidupan
kota, akan lebih mudah dalam memaknai puisi itu daripada orang yang sama
sekali belum pernah mengalami atau menyaksikan keadaan itu.
Selain itu, faktor penguasaan terhadap teori sastra sangat berpengaruh
dalam memaknai suatu puisi. Misalnya, penguasaanmu tentang macam-macam
pengimajinasian yang mungkin terkandung dalam sebuah puisi. Dengan
demikian, lebih mudah bagimu dalam memahami maksud puisi itu.
C. Kata-kata Berlambang
Lambang atau simbol adalah sesuatu seperti gambar, tanda, ataupun kata
yang menyatakan maksud tertentu. Misalnya, rantai dan padi kapas dalam gambar
Garuda Pancasila, tunas kelapa sebagai lambang Pramuka. Lambang-lambang itu
menyatakan arti tertentu yang bisa dipahami umum. Rantai bermakna perlunya
‘persatuan dan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia’, padi kapas perlambang
‘kesejahteraan dan kemakmuran’, tunas kelapa berarti ‘anggota Pramuka yang
diharapkan menjadi generasi yang serba guna bagi agama, nusa, dan bangsa’.
Lambang-lambang seperti itu pula sering digunakan penyair dalam puisinya.
Hal itu seperti yang tampak dalam puisi ”Hujan Bulan Juni”. Lambang-lambang
yang dimaksud, antara lain, dinyatakan dengan kata hujan dan bunga. Hujan
merupakan perlambang bagi ’kebaikan’ ataupun ’kesuburan’. Sementara itu, bunga bermakna ’keindahan’.
D.Pengimajinasian dalam Puisi
Pengimajinasian adalah kata atau susunan kata yang dapat menimbulkan
khayalan atau imajinasi. Dengan daya imajinasi tersebut, pembaca seolah-olah
merasa, mendengar, atau melihat sesuatu yang diungkapkan penyair. Dengan
kata-kata yang digunakan penyair, pembaca seolah-olah mendengar suara
(imajinasi auditif), melihat benda-benda (imajinasi visual), atau meraba dan
menyentuh benda-benda (imajinasi taktil).
Sebagai contoh, perhatikanlah mantra berikut!
Hai, si gempar alam
Gegap gempita
Jarum besi akan rumahku
Jarum tembaga akan rumahku
Ular bisa akan janggutku
Buaya akan tongkat mulutku
Harimau menderam dipengriku
Gajah mendering bunyi suaraku
Suaraku seperti bunyi halilintar
Bibir terkatup, gigi terkunci
Jikalau bergerak bumi dengan langit
Bergeraklah hati engkau
Hendak marah atau hendak membinasakan aku
(Wilkinson, 1907: 42—43)
Sebagai salah satu bentuk puisi klasik, mantra pun menggunakan pengimajian.
Hal tersebut tampak pada kata-kata berikut.
1. gegap gempita
2. jarum besi
menderam jarum tembaga
mendering bibir terkatup
bunyi halilintar. bibir terkunci
bergeraklahbumi bergeraklah hati
hendak marah.
2. Jenis-jenis Puisi
Pada halaman sebelumnya kamu telah mendalami beberapa isi puisi, bukan?
Dengan mendalami isinya, kamu dapat mengetahui pula bahwa puisi itu
ternyata bermacam-macam. Berdasarkan cara penyair mengungkapkan isi atau
gagasannya, memang puisi dapat dibagi ke dalam beberapa jenis, yakni puisi
naratif, puisi lirik, dan puisi deskriptif.
A.Puisi Naratif
Puisi naratif mengungkapkan cerita atau penjelasan penyair. Puisi ini terbagi
ke dalam beberapa macam, yaitu balada dan romansa.
Balada adalah puisi yang berisi cerita tentang orang-orang perkasa ataupun
tokoh pujaan. Contohnya Balada Orang-orang Tercinta dan Blues untuk Bonnie karya WS Rendra.
Romansa adalah jenis puisi cerita yang menggunakan bahasa romantik yang
berisi kisah percintaan, yang diselingi perkelahian dan petualangan. Rendra
juga banyak menulis romansa. Kirdjomuljo menulis romansa yang berisi kisah
petualangan dengan judul ”Romance Perjalanan”. Kisah cinta ini dapat juga
berarti cinta tanah kelahiran seperti puisi-puisi Ramadhan K.H.
B. Puisi Lirik.
Jenis puisi ini terbagi ke dalam beberapa macam, misalnya elegi, ode, dan
serenada.
Elegi adalah puisi yang mengungkapkan perasaan duka. Misalnya "Elegi
Jakarta" karya Asrul Sani yang mengungkapkan perasaan duka penyair di Kota
Jakarta.
Serenada ialah sajak percintaan yang dapat dinyanyikan. Kata "serenada"
berarti nyanyian yang tepat dinyanyikan pada waktu senja. Rendra banyak
menciptakan serenada dalam Empat Kumpulan Sajak. Misalnya "Serenada
Hitam", "Serenada Biru", "Serenada Merah Jambu", "Serenada Ungu", "Serenada
Kelabu", dan sebagainya. Warna-warna di belakang serenade itu melambangkan
sifat nyanyian cinta itu, ada yang bahagia, sedih, dan kecewa.
Ode adalah puisi yang berisi pujaan terhadap seseorang, sesuatu hal, atau
sesuatu keadaan. Yang banyak ditulis ialah pemujaan terhadap tokoh-tokoh yang
dikagumi. "Teratai" (karya Sanusi Pane), "Diponegoro" (karya Chairil Anwar),
dan "Ode buat Proklamator" (karya Leon Agusta) merupakan contoh ode yang bagus.
C. Puisi Deskriptif
Dalam jenis puisi ini, penyair bertindak sebagai pemberi kesan terhadap
keadaan/peristiwa, benda, atau suasana yang dipandang menarik perhatiannya.
Puisi yang termasuk ke dalam jenis puisi deskriptif, misaInya satire dan puisi
yang bersifat kritik sosial.
1) Satire adalah puisi yang mengungkapkan perasaan tidak puas penyair
terhadap suatu keadaan, namun dengan cara menyindir atau menyatakan
keadaan sebaliknya.
2) Puisi kritik sosial adalah puisi yang juga menyatakan ketidaksenangan
penyair terhadap keadaan atau terhadap diri seseorang, namun dengan cara
membeberkan kepincangan atau ketidakberesan keadaan/ orang tersebut.
Kesan penyair juga dapat kita hayati dalam puisi-puisi impresionistik yang
mengungkapkan kesan (impresi) penyair terhadap suatu hal.
Makna Denotasi dan Konotasi
Pembagian kedua jenis makna itu didasarkan ada dan tidaknya penambahan
pada makna dasar suatu kata berdasarkan pikiran, kesan, atau tanggapan
pembicara atau penulisnya.
a. Makna denotasi adalah makna yang tidak mengalami perubahan apapun
dari makna asalnya.
b. Makna konotasi adalah makna yang telah mengalami penambahan atau
pergeseran dari makna asalnya. Ada tidaknya makna konotasi pada suatu
kata dapat diketahui setelah kata itu digunakan dalam kalimat.
5.Supaya lebih jelas. Marilah kita amati video berikut .
6. Unsur unsur lahir puisi
7. Menulis Puisi
Kamu telah mendengarkan dan membaca banyak puisi. Tentu kamu juga
tertarik untuk belajar menulis puisi, bukan? Menulis puisi haruslah berawal dari
sebuah gagasan atau perasaan. Untuk memunculkan gagasan itu, kamu dapat
mencari-carinya dari perjalanan hidupmu ataupun sesuatu yang tengah terasa
atau terpikirkan. Gagasan tersebut dapat kamu ekspresikan dengan kata-kata
terpilih: yang indah dan penuh makna.
Tentukanlah gagasan paling menarik yang bisa ditulis jadi puisi. Galilah
gagasan-gagasan itu. Tuliskan gagasan-gagasan tersebut ke dalam larik-larik
dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan padat. Perluas pembendaharaan
kosakatamu sehingga bisa menciptakan puisi dengan bahasa indah, jelas, dan
padat makna. Bacalah buku, e-book, internet, atau sumber-sumber lainnya. Buku-
buku tersebut bisa menjadi inspirasimu.
Kosakata tersebut tentu mengandung mengandung makna yang tidak
sebenarnya (makna konotasi). Kosakata dalam puisi berbeda dengan kata-kata
yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata-kata dalam puisi
singkat, tetapi kaya makna. Struktur katanya pun sering kali mengabaikan kaidah-
kaidah kebahasaan seperti yang berlaku pada jenis teks lainnya.
2. Pembacaan Puisi yang Baik
Puisi yang telah kamu buat akan lebih indah apabila diperdengarkan.
Membacakan puisi tergolong ke dalam tingkat pemahaman kreatif. Di dalam
kegiatan itu kamu tidak hanya melisankan sebuah puisi secara nyaring. Kamu
dituntut untuk menyampaikan puisi dengan ekspresi, lafal, tekanan, dan intonasi
yang benar. Untuk itu, kita perlu melakukan serangkaian langkah berikut.
a. Perhatikanlah judul puisi.
b. Lihatlah kata-kata yang dominan.
c. Pahami makna-makna konotatif yang ada dalam puisi itu.
d. Tangkaplah ide pokok penyair yang ada dalam puisi dengan
memparafrasakannya.
e. Temukanlah pertalian makna tiap unit puisi (kata demi kata, frasa demi
frasa, larik demi larik, dan bait demi bait).
Setelah itu, barulah kamu membacakan puisi itu dengan memperhatikan
kualitas suara (vokalisasi) dan gerak mimik. Aspek suara berkenaan dan cara
mengucapkan kata-kata dalam puisi itu, yaitu lafal, tekanan, dan intonasi.
Adapun gerak mimik digunakan untuk menunjukkan ekspresi atas
penghayatan dari puisi yang dibacakan. Dalam hal ini kualitas suara dan gerak
mimik harus sesuai dengan makna puisi yang telah kamu selami sebelumnya.
8. Hal hal yg perlu diperhatikan ketika membaca puisi.
A. Ekspresi
B. Lafal
C. Tekanan
D. Intonasi
9.Musikalisasi Puisi
Berpuisi lebih mengasyikkan apabila diekspresikan dalam bentuk lagu.
Lebih-lebih di dalam kegiatan-kegiatan di sekolah seperti peringatan hari besar
nasional atau keagamaan, akan lebih menarik apabila menyertakan dengan acara-
acara yang bersifat hiburan. Acara itu misalnya musikalisasi puisi.
Musikalisasi puisi adalah mengubah puisi menjadi sebuah lagu. Antara puisi
dengan musik harus memiliki keselarasan. Sepintas memang tidak terdapat
perbedaan antara musikalisasi puisi dengan lagu yang diiringi musik. Bukankah
lagu juga banyak yang bersumber dari lirik-lirik puisi. Misalnya, lagu-lagu yang
dinyanyanyikan Ebit G. Ade atau Bimbo. Syair-syair yang dinyanyikan kedua
musisi tersebut banyak yang berupa puisi. Dengarkan saja lagu "Tuhan" yang
dinyanyikan Bimbo atau lagu "Menjaring Matahari" yang dinyanyikan Ebit G.
Ade. Kedua syair lagu tersebut merupakan puisi seperti halnya puisi-puisi Chairil
Anwar atau Taufk Ismail.
Syair atau lirik lagu biasanya dibuat setelah musik tercipta. Namun, dapat juga
pemusik menciptakan musik dan lirik lagunya secara bersamaan. Bahkan, Ebiet
G. Ade bisa membuat syair terlebih dahulu sebelum menyusun partitur musiknya.
Meskipun demikian, tidak ada keharusan bagi pemusik untuk tunduk kepada
lirik. Untuk menyelaraskan lirik dengan musik dapat saja pemusik mengubah
atau mengganti kata-kata dalam syair tersebut.
Dalam musikalisasi puisi, kamu tidak boleh mengganti atau mengubah kata
dalam larik puisi. Hal itu disebabkan puisinya sudah tercipta. Puisi merupakan
salah satu bentuk seni, yaitu karya sastra. Dalam musikalisasi puisi aransemen
musik tidak boleh mengubah puisi. Puisinya tetap utuh. Di sinilah kamu dituntut
untuk lebih kreatif. Aransemen musik mesti dapat menangkap karakter puisi
yang digubah. Puisi yang bernuansa muram dan sedih ditampilkan dalam nada
dan irama musik yang bernuansa muram dan sedih pula.
Kamu harus memiliki kepekaan rasa sehingga dapat menyelaraskan karakter
musik dengan puisi yang dipilih sebagai lirik lagunya. Kamu pun tidak perlu
terpaku pada musikalisasi pusi yang ada. Kamu bisa menciptakan aransemen
lagu sendiri yang berbeda dengan teman-temanmu. Musik harus sesuai dengan
karakter atau isi puisi.
Alat musik yang digunakan sebagai pengiringnya pun tidak harus selamanya
berupa gitar, piano, dan biola. Alat musik daerah, seperti kecapi, gamelan, gong,
dan gendang dapat saja digunakan. Apabila isi puisi itu bercerita tentang suatu
daerah, alat-alat musik tersebut lebih tepat digunakan daripada alat-alat musik.
10. Alat musik yg digunakan untuk musikalisasi puisi
Alat musik yang digunakan sebagai pengiringnya pun tidak harus selamanya
berupa gitar, piano, dan biola. Alat musik daerah, seperti kecapi, gamelan, gong,
dan gendang dapat saja digunakan. Apabila isi puisi itu bercerita tentang suatu
daerah, alat-alat musik tersebut lebih tepat digunakan daripada alat-alat musik yang bernuansa modern.
11. Supaya lebih jelas marilah kita amati videonya
12.Puisiku
Senja
Cintaku seluas samudera
Setinggi angkasa
Seindah senja
Rinduku setangkai kalbu merekah
Rasa yang tak berujung jua
Angin tak bisa mengelabui rinduku
Tak kan mampu berdebar seperti jantungku
Ingin ku kembalin senja yang menyatukan kita
Ihh senja kurindu pada mu
Padamu kasih yang telah pergi
Kutitipkan rinduku pada senja seteduh mata
Pertemuan yang singkat tapi bermakna
Layaknya gelap dan terang dikala senja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar